Senin, 01 September 2008

Aku Menyerumu Darma Ayu

Akan tetapi kelak nanti Allah melimpahkan
RakhmatNya yang berlimpah
Darma Ayu kembali makmur,
Tak ada suatu hambatan,
Tandanya,
Jika ada ular menyebrangi Kali Cimanuk,
Sumur kejayaan mengalir deras,
Lampu menyala tanpa minyak,
Semua kembali hidup makmur,
Manunggal dengan prajurit,
Membantu penguasa,
Hidup aman dan tentram,
Semua kembali makmur,
Seluruh negara hidup makmur.*

Pikiranku mengembara,
Menapaki kampung dan sawah-sawah,
Dan kulihat saudara-saudaraku berlari dalam lumpur,
Melewati petak-petak sawah
Seperti selembaran catatan sekolah yang lusuh
Yang dilindas mesin-mesin pemburu.

Di dalam sunyi yang lembab ini
Aku menyerumu, Wiralodra.
Sukmaku mengembara di jalan-jalan
Mencari-cari Nyai Endang Darma Ayu
Dan pada setiap riak Cimanuk aku panggil namamu.
Namun, di tengah jalan kembaraku
Aku disekap segerombolan perampok
Tak lain adalah prajuritmu sendiri.
Tapi aku coba menghindari nasib,
Kembali memburu wangi Nyai Endang Darma Ayu
Berbekal luka golok di dadaku
Yang semakin malam racunnya menjalari tidurku.

Wiralodra, setelah sampai di sebuah desa
Aku mencium bau minyak dari nafas mereka
Kemudian matahari membakar ingatan dan pikiran mereka.
Mereka disekap kepura-puraan
Kuping mereka disumpal kapas
Mulut mereka disumbat bangkai.

Hidup macam apa ini, Wiralodra?
Hidup di tengah-tengah omong kosong
Sungai Cimanuk sudah lama kering
Berganti keringat yang diperas dari kebodohan mereka
Maka, sejak saat itu tak ada ular
Yang menyebrangi sungai Cimanuk
Orang-orang saling curiga
Perempuan lupa rumahnya
Suami lupa istrinya
Anak-anak lupa orangtuanya
Orangtua lupa anaknya
Dan pemimpin lupa rakyatnya.

Wiralodra, aku menyerumu datang
Ke tanahmu yang hampir hilang.
Akan kukawin sukma Nyai Endang Darma Ayu
Kupinang setiap jerit kesakitan mereka
Agar mereka dibangunkan dari tidur panjang
Dan diangkat derajat mereka.

* Prasasti Arya Wiralodra

Sanggar Suto, 2007

2 komentar:

lost city mengatakan...

wah andai saja ad org se tulus dia(wiralodra)pasti tak ad julukan yg jelek untuk kota idramayu wahia wiralodra lhat lah rakyat mu sekarang
setiap pgi al quran mnggema di bumi darm ayu........smoga kelak darmayu mnjadi kabupaten temakmur di nusantara.........

Kedung Darma Romansha mengatakan...

amienn...............